Thursday, April 17, 2014

@Tahukah kamu (2) ?

Tahukah Kamu (2)

Permainan masa kecil itu memang mengasyikkan, entah itu permainan yang melatih kebersamaan, ataupun yang melatih kecerdasan pribadi kita, berikut aku share catatan tentang 2(dua) permainan yang menurut pendapatku dapat melatih kreativitas dan kecerdasan, yaitu Lego dan Scrabble. 

Waktu kecil dulu aku menyukainya dan sekarangpun aku tetap menyukainya, karena kedua permainan  ini dapat dimainkan oleh siapapun, anak-anak hingga orang dewasa bisa memainkannya, tapi tentunya dengan tingkat kesulitan yang berbeda, yeah.. meski sekarang game-game di komputer atau internet jauh lebih canggih dan variatif, tapi kedua permainan ini bagiku masih tetap menarik.., berikut aku share cerita tentang awalmula terciptanya kedua permainan ini.., semoga bermanfaat, 




 LEGO

Siapa yang tak mengenal Lego ??, pastinya kita tahulah permainan yang mengasyikkan ini, bermain bongkar pasang balok warna alias LEGO itu memang mengasyikkan. Permainan ini tidak mengenal batas usia, anak-anak hingga orang dewasa senang bermain Lego, selain memang mengasyikkan , permainan ini juga bisa meningkatkan kreativitas, karena permainan ini menuntut imajinasi dan daya pikir para pemainnya. 

Berbagai model atau bentuk Lego, seperti gedung, hewan , pesawat atau kapal, dapat dibuat sesuai dengan kreativitas, hal tersebut tentunya dapat memacu daya pikir otak para pemainnya, dan akan merupakan kepuasan tersendiri tentunya jika kita dapat membuat karya yang bagus , sesuai dengan imajinasi atau keinginan kita.

Tapi , tahukah kamu bahwa permainan yang mengasyikkan ini tercipta dari sebuah perjuangan hidup yang sangat sulit, adalah Ole Kirk Christiansen, seorang tukang kayu yang berusaha terlepas dari krisis ekonomi yang menjeratnya. Pada suatu ketika, pria kelahiran Jutland Denmark 8 April 1891 ini harus rela kehilangan pekerjaan dan Ole nyaris mengalami depresi berat, namun untunglah dia tidak larut dalam kesedihan,  Ole berusaha keluar dari keterpurukan dengan mengandalkan keahliannya di bidang perkayuan.

Pada tahun 1932 , Ole menemukan ide untuk  menghasilkan uang dengan membuat mainan dari kayu, mainan itu Ole beri nama “LEGO”, yang dalam bahasa Denmark disebut dengan “Leg Godt” , yang artinya menyatukan secara bersama-sama. Pada tahun 1935, Ole mulai menjual mainan Lego pertamanya dengan model bebek-bebekan, ternyata mainan ini banyak disukai, dan semakin berkembang, hal inilah yang menjadi dasar bagi Ole untuk mendirikan sebuah perusahaan Lego.

Tapi ternyata perusahaan Lego yang dibangun Ole tidak berjalan mulus, Tuhan masih mengujinya, pada tahun 1944 pabrik Lego milik Ole hangus terbakar, namun pengalaman pahitnya itu tidak membuatnya menjadi putus asa, Ole mampu bangkit dan membangun pabriknya kembali pada tahun 1947, untuk mengembangkan usahanya ini Ole membuat permainan Lego yang terbuat dari bahan plastik, usahanya semakin berkembang pesat.

Pada tahun 1957 permainan Lego semakin berkembang di kawasan Eropa , mulai dikenal di negara Eropa lainnya seperti Perancis, Belgia dan Inggris, bahkan kini sudah mendunia dengan berbagai bentuk dan model yang semakin berkembang dan menarik.
Bahkan di Amerika telah dibangun Legoland di Winter Haven, Florida, yang  dibuka pada 15 Oktober 2011, dengan luas 145 hektar (0,59 km2), yang merupakan Legoland  terbesar kedua di dunia, setelah Legoland Windsor Resort yang terdapat di negara Inggris.

Legoland in the world :
-Legoland Billund Resort (Billund, Denmark)

-Legoland Windsor Resort (Windsor, England, United Kingdom) 
-Legoland Deutschland Resort (Günzburg, Germany) 
-Legoland California Resort (Carlsbad, San Diego County, California, USA) 
-Legoland Malaysia Resort (Nusajaya, Johor, Malaysia) 
-Legoland Florida (Winter Haven, Florida, USA)






SCRABBLE

Adalah Alfred Mosher Butts, pada tahun 1931, dia terkena jatah pengurangan pegawai di perusahaannya, Alfred nyaris frustasi , untuk menghibur diri Alfred memainkan berbagai permainan yang  menjadi kesukaannya, kebetulan Alfred adalah seorang pecinta TTS (teka-teki silang) , saat itulah Alfred mendapat ide , dari TTS tersebut Alfred mencoba membuat permainan kata versinya sendiri.

Pada masa itu permainan yang populer memang hanya terdiri dari tiga katagori, yaitu permainan yang mengandalkan angka, seperti kartu atau dadu, yang mengandalkan papan, seperti catur dan halma, lalu yang berupa permainan kata-kata, Alfred pun kemudian menciptakan permainan yang disebutnya Lexiko, cara bermainnya dengan  menyusun kata dari 9(sembilan) huruf, baik itu menyamping atau ke bawah, kemudian game unik ini Alfred tawarkan ke beberapa pabrik mainan, namun Alfred selalu mendapatkan penolakan.

Namun Alfred tidak putus asa, Alfred mengembangkan permainan itu dan mengkombinasikannya sebagai permainan papan , dan Alfred menamakan permainan itu “Criss-Cross Words” , namun ternyata belum juga ada perusahaan yang tertarik untuk membeli permainan tersebut, namun hebatnya semangat Alfred tidak pernah padam, dengan beberapa pengembangan, Alfred memproduksi dan menjual permainan itu sendiri.

Saat itulah , seseorang yang bernama James Brunot tertarik dengan permainan ini, James menawarkan diri untuk membeli hak cipta permainan ini, dengan syarat  boleh dikembangkan dengan beberapa penyesuaian, oleh James Brunot papan permainan diubah warnanya supaya lebih menarik, dan jumlah hurufnya disesuaikan , dengan menggunakan aturan baru yang lebih menantang, James juga merubah namanya menjadi “Scrabble”, 

Inilah awal mula permainan Scrable yang sangat populer di Amerika dan dunia, dari sebuah keisengan dan semangat pantang menyerah seorang Alfred Mosher Butts, yang nyaris frustasi, kini Alfred tercatat sebagai pencipta permainan paling populer setelah permainan monopoli. Bahkan sekarang di internet juga di smart phone, berbagai aplikasi yang berbasis permainan ini telah banyak dibuat. 


Demikian sedikit catatan tentang permainan yang melatih kecerdasan dan kreativitas kita, yang ternyata tercipta dari keterpurukan dan kondisi yang tidak mudah yang dialami oleh para penciptanya, mereka dapat melihat peluang dan kesempatan dari kepahitan hidup yang mereka alami, karena apapun yang terjadi pasti semua ada hikmahnya jika saja kita bisa lebih memahaminya dengan jernih , ikhlas dan tentu saja terus semangat untuk bangkit dari keterpurukan, dan menjadikannya sebagai pelajaran bahkan kesempatan dan peluang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, berkwalitas dan sukses, meski mungkin tidak seperti Alfred Mosher Butts atau Ole Kirk Christiansen yang sukses dan hebat, tapi setidaknya kita bisa lebih berguna bagi lingkungan terdekat kita.. aamiin

Semoga bermanfaat ,
Just info for my small library
Hp@Tahukah kamu(2)-March14'14


Sources/adopted : - unik tapi fakta by Tegar Satria
                         - wikipedia