Wednesday, April 16, 2014

@Burung berwarna biru


Hi .. pernah denger   atau  tahu gak apa itu Kokology,.. ?? Pastinya banyak yang sudah tahu, tapi mungkin juga ada yang belum tahu apa itu  “Kokology” ( logy = ilmu ) , koko =  apa yah ?? ), pastinya bukan mas Koko tetangga sebelah , soalnya kayaknya dia gak punya ilmu simpenan tuh… he..he, tapi yg pasti bukan “ ilmu tentang koko " 

Awalnya aku juga gak paham hingga seorang teman kasih tahu aku buku tentang hal ini, Isamu Saito profesor terkemuka di Universitas Rissho dan Waseda Jepang, adalah pencipta dan pemegang hak paten “Kokology “ ini, beliau telah mengarang buku terlaris di bidang psikologi dan pengembangan diri.

Kokology adalah ilmu yg mempelajari “kokoro” (pikiran atau semangat) berdasarkan prinsip-prinsip psikology , kokology meminta kita menjawab pertanyaan seputar topik-topik yg menghibur tentang diri kita pribadi, kemudian menyingkapkan arti jawaban kita tersebut…

(wah !!!..., bisa ketahuan dech karakter diri kita yg sebenarnya hhe, fun kalau dimainkan bersama teman kita, syarat utamanya mesti jujur, jangan mengira-ngira jawaban, jangan nyontek dan mesti spontan dan juga open mind )

Kita coba satu pertanyaan, tapi jangan lupa syaratnya ya, 


“Burung berwarna biru “

Suatu hari seekor burung berwarna biru tiba-tiba masuk kekamar kamu, melalui jendela dan terperangkap di dalam kamar .

Ada sesuatu yg menarik pada burung yg tersesat ini, hingga kamu putuskan untuk memeliharanya, tapi kamu terkejut karena esoknya burung itu berubah warna, menjadi kuning, dan di pagi hari ketiga berubah warna lagi menjadi merah terang , dan di hari keempat berubah menjadi hitam…..

Nah pertanyaannya…, di pagi hari kelima esok saat kamu bangun .
Apakah warna burung tersebut ??,
Pilih jawaban berikut :

1. Burung tidak berubah warna , tetap hitam
2. Burung berubah warna kembali jadi biru
3. Berubah warna jadi putih
4. Berubah jadi berwarna emas….


Tetapkan jawaban kamu, jangan ragu (spontan)  dan mesti jujur  (gak boleh nyontek pastinya….. :)


Yang jawab kalau burung itu tetap berwarna " hitam ", wah itu sih jawaban orang yang pesimis,.. cenderung percaya bahwa situasi yg buruk itu tidak akan kembali normal, mungkin kita atau kamu harus berpikir “ Jika situasi sudah sangat buruk, maka tidak akan menjadi semakin buruk , ingatlah tidak ada hujan yg tidak berhenti, tidak ada malam yg selalu gelap… pasti sesudahnya di esok pagi akan terbit  fajar yg indah dan cerah .. :)

( semua pasti ada akhirnya pasti berubah kok, ngapain gelap2an lagi, be colorful aja lebih bagus ko, seperti lukisan2 aku yg colorful.. itu lho… ups !! maaf  promosi dikit...)


Yg jawab burung itu kembali “biru” ini adalah jawaban orang optimis, kamu percaya bahwa hidup adalah campuran baik dan buruk , tidak ada gunanya melawan kenyataan, kamu terima segalanya dengan tenang, dan biarin segala sesuatunya berjalan sesuai jalur tanpa stress atahu rasa khawatir, ini membuat kamu jalani gelombang kemalangan tanpa terhanyut di dalamnya …

( ya bagus juga ..sabar aja ,semua pasti ada jalannya.., tapi jangan keterusan ya, karena semua balik lagi ke diri kita…, karena waktu terus berputar, lebih cepat lebih baik “ be faster ..more better “ jaman kayak gini, semuanya instan.. teknologi dah maju… masa kita mo terus gaptek… manfaatin sarana yg ada … supaya smuanya lebih cepat bergerak kearah yg lebih baik bener gak ??... loh ..?? maaf gak nyambung )


Nah yg jawab berubah menjadi "putih", artinya.. kamu adalah orang yg tenang dan tegas meski kamu berada dibawah tekanan. Kamu gak akan habisin waktu kamu hanya untuk resah,.. dan gak akan ngambil keputusan ketika krisis timbul, jika situasi memburuk kamu cenderung membuang kekalahan dan mencari cara baru untuk mencapai sasaran, dari pada berhenti dalam kesedihan yg tidak perlu. Cara berpikir yg sperti ini membuat kamu percaya bahwa segalanya secara alami akan berjalan sesuai keinginan kamu…

( yeah…pokoknya… keep your spirit and go get what you want.. cozz you   can do it and you must belief that you‘ll  find/get what you want with your own way… )


Yg jawab berubah jadi warna "emas" itu tandanya kamu adalah orang yg gak punya rasa takut, kamu tidak kenal apa itu tekanan , kamu berpikir bahwa setiap krisis adalah sebuah kesempatan

( pede abiz pokoknya mah.. alias over  confidence ), bagus sih,tapi hati-hati lho, jangan biarkan kepercayaan diri yg berlebihan ini jadi hal yg ngalahin kamu, ada batas yg tipis antara rasa tidak takut dengan membabi buta, antara pede dengan rasa sombong.. ( pasti paham kan ?, kita mesti kembali pada hati nurani kita masing2.. bahwa “Tuhan” lah yg paling sempurna, di atas segalanya.)

“Pede “ itu harus, tapi aku pikir akan lebih baik kalau tetep diborder dengan kapasitas yg ada dalam diri kita dan norma yg ada disekitar kita tentunya…

So.., not  too serious, karena tak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini, dan setiap pribadi adalah unik, special dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Keep smile and always positip thinking to everyone, karena hanya Tuhanlah yang paling tahu segalanya, tentang aku, kamu juga kita semua…