Saturday, July 9, 2016

@Curug pelangi

Curug Cimahi (The Rainbow waterfall)
(Small angle of Bandung)

Lebaran hari kedua kemarin, temanku seorang hijaber asal Bangka singgah , kebetulan tahun ini dia tidak mudik ke kampung halamannya, lama kami tak berjumpa, mungkin hampir  sekitar 6 thn yg lalu kami terakhir bertemu,

Komentarnya saat kami kembali berjumpa kemarin,  adalah kekagumannya dengan view yg indah di sekitarku, meski jalanan ke lokasi rada “offroad” dan menanjak tapi terbayarkan dengan view Burangrang yang indah terpampang jelas di depannya dan kesejukan udara sekitarnya, luar biasa ucapnya, ditambah lagi dengan rumah yang simple modern, bersih dan nyaman.., betah deh.. ujarnya

( btw koment orang juga begitu kok ujarku, dan itulah yang membuatku jatuh cinta pada tempat ini viewnya yg indah, di ketinggian dengan hawanya yang sejuk dan nyaman,  jelasku padanya,… cause I love mountain…, except Krakatoa  :( )

Katanya juga aku kok tetap sama aja sih, gak ada yang berubah, tetap terlihat  seperti pertama kami berjumpa dulu, (masih tetep kek abg kali ya…*angger(tetep) bageur, dan geulis.. ups… ), katanya aku tetap terlihat  segar dan awet muda, gak seperti dia yg sdh banyak berubah,  aku cuma tersenyum mendengar komentarnya, dan berujar bahwa itu adalah anugrah yg harus disyukuri, karena begitu juga teman-teman masa kecilku dulu pun masih mengenaliku, sementara aku hanya bingung dan mencoba mengingat siapa mereka, ketika tiba-tiba ada yang mengenal dan menyapaku saat kami tak sengaja bertemu,

( eits.. maaf, ini bukan lebay, aku hanya berusaha mensyukuri kebaikan dalam  kehidupanku yang bagiku tersa berat dan penuh cobaan ini,  maaf kalau gak berkenan bagi yang membacanya…, anggap saja.. tulisan di atas gak pernah ada…, gpp kok, karena itu bukan materi inti dari tulisanku kali ini…), @just whatever…, lanjut ya…

O,ya, selain lukisan, aku juga memajang beberapa photo hasil jepretanku, di salah satu sudut rumah, awalnya dia gak percaya kalau itu hasil photoku, dia mengira photo Dusun Bambu yang aku pajang adalah photo hasil download atau hasil copy dari internet, sepertinya dia tertarik untuk ke lokasi wisata tersebut, (akupun coba jelaskan tentang tempat wisata yang dia maksud, lokasinya juga lumayan dekat kok, jelasku padanya),

Tapi aku bilang kalau ada juga lokasi wisata lainnya yang lebih menantang dan murah di sekitar sini, maka untuk mengisi pertemuan ini supaya lebih berkesan,  di pagi hari itu, aku ajak temanku ke tempat wisata di salah satu sudut Bandung ini ( small angle of Bandung), hanya kurang lebih 10 menit perjalanan saja, kami tiba di tempat yg kami tuju, yaitu “Curug Pelangi”, mumpung masih pagi, belum begitu ramai dan macet aku ajak dia ketempat ini, kalau besok atau lusa, area dan jalan menuju tempat wisata tersebut dijamin macet apalagi di musim liburan seperti  ini,

Berikut aku rangkum beberapa gambar dan sedikit ulasan mengenai tempat wisata “ Curug/ Air terjun Pelangi, yang aku rekam dengan kamera kecilku, semoga bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang menarik, bagi siapapun saat berkunjung ke kotaku, Bandung my lovely hometown…

Curug Cimahi (Rainbow water fall)

Curug Cimahi memiliki ketingginan 87 meter, berada di ketinggai 1050 mdpl, merupakan salah satu Curug tertinggi di Indonesia, nama curug Cimahi sendiri diambil dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yang bersumber dari situ Lembang dan mengalir ke kota Cimahi. Curug Cimahi ini memiliki keunikan yaitu curugnya yang bertingkat dua serta debit airnya yang selalu sama baik musim kemarau maupun penghujan.

Lokasi Curug Cimahi / Pelangi :
Curug Pelangi berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, kecamatan Cisarua,  Jalan Kol.Masturi, lokasinya mudah terjangkau, karena pintu masuknya berada di pinggir jalan utama dan berdampingan dengan terminal Cisarua, kalau dari arah Cimahi, naik angkot jurasan Cisarua, lalu turun di terminal Cisarua, terlihat jelas deh papan nama Air terjun Pelangi yang kita tuju.

Kenapa Pelangi ???
Kalau di siang hari curug pelangi itu sama saja dengan curug lainnya, namun di malam hari, pengunjung bisa menikmati sensasi pemandangan alam berbeda , yakni air terjun pelangi atau The Rainbow Waterfall, yaitu sensasi menikmati eksotisme dan romantisme air terjun seperti pelangi di malam hari, kecantikan  Curug Cimahi saat malam hari memang akan lebih mempesona dibandingkan saat siang hari, hal itu terjadi karena adanya lampu-lampu yang secara khusus dipasang di dinding bagian belakang air terjun.

Welcome to Curug Pelangi :

Kawasan ini merupakan objek wisata yang cukup  ekstrim, sebab untuk menuju lokasi air terjun ini, pengunjung harus memiliki keberanian sekaligus siap untuk memacu adrenalin untuk bisa menuruni sebanyak 587 anak tangga sepanjang 500 meter panjangnya, dengan tingkat kecuramannya mencapai 45 derajat dan lama tempuh standar 30 menit, ..itu standar loh..

( tapi jangan khawatir.., anak tangga yang harus dilalui  kokoh dengan pegangan disampingnya, aman kok, dan kalau kecapean kita juga bisa istirahat di berbagai tempat dan balkon yang telah tersedia di sepanjang perjalanan menuruni dan menaiki anak tangga tersebut…, cuma cape dikit lah.., tapi pemandangan dan kesejukan area wisata ini , mampu menghilangkan rasa lelah, paling cuma  pegel kaki dan ngos-ngosan dikit… , tapi bagi yang gk suka ketinggian dan tantangan mending ke laut aja deh, terus nyantai deh di pantai, yg landai…)

Begitu sampai di pintu masuk/ penjualan tiket ,(tiket untuk pengunjung lokal adalah Rp.17.000,-),  kita sudah disambut oleh kera-kera penghuni hutan di area curug, mereka cukup jinak dan antusias saat para pengunjung melempar makanan  ke arah mereka, begitu juga di sepanjang perjalanan kita bisa melihat mereka di area tangga  dan bergelantungan di pohon dengan bebasnya.

( sayangnya kera-kera tersebut juga suka mengambil/mengacak-acak sisa makanan pengunjung di tempat sampah yang ada disepanjang perjalanan, sehingga di bebarapa tempat terlihat sampah berserakan)

Tersedia 3 buah balkon, kalau  ingin melihat lokasi Curug  di bawah lembah sana, sebelum mencapai  Air terjun atau Curug Pelangi lebih dekat, yaitu balkon pas di pintu masuk, dan 2 balkon lagi di sepanjang perjalanan/ tangga menuju curug , tersedia juga tempat beristirahat untuk melepas lelah bagi para pengunjung yang hendak naik/balik  ataupun turun menuju curug, ( ada  juga yang jual T sirt dan cendera mata di bawah sana ..loh  kok ??)..

Untuk mencapai curug dan sungai di bawah lembah sana, tersedia tangga batu yang kokoh, jadi tak perlu khawatir licin, kecuali di sebagian kecil jalur yang terciprati air tanah yang keluar dari tebing di samping tangga menuju curug.

( yang penting siapkan tenaga dan nafas panjang untuk melaluinya, terutama saat naik kembali ke atas, perlu tenaga ekstra dan nafas panjang deh….)

Semakin dekat lokasi curug, terlihat sudah banyak pengunjung disana, seperti biasa hal yang aku lihat adalah selfi dan narcis berfoto/bertongsis ria  menjadi pemandangan yang dominan di tempat wisata, ada juga pengunjung yang asik botram ( membawa bekal dari rumah dan lesehan makan bersama disekitar are curug.)

Di dekat Curug juga tersedia mushola , dan penjual makanan disekitar curug dan sungai, jadi kita tetap beribadah, juga bisa makan sambil menikmati keindahan dan kehijauan di sekitar Curug Pelangi.

Menangkap gambar Curug Pelangi dari berbagai sisi dan sudut …
(@just my shoot …/capture moment and views)

Mengintip curug dari balik pohon besar berjanggut,
dan kehijauan sekitar curug dengan kamera kecilku….

Kurang lebih 3 jam sudah kami di lokasi wisata tersebut, lokasi semakin ramai saja, kami pun putuskan untuk pulang , karena hari sudah menjelang duhur, sebelum kami berpisah sore itu, aku mengigatkan dia untuk mengajakku ke kampung halamannya Bangka, jika suatu saat dia mudik nanti…, dan kami pun berjanji untuk beberapa hari kedepan bertemu lagi …

Demikian cerita perjalanan kecilku, ke lokasi wisata “Curug Pelangi”, semoga bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang menarik, bagi siapapun saat berkunjung ke kotaku, Small angle of Bandung my lovely hometown…