Wednesday, April 16, 2014

@Pohon Bambu


@Pohon bambu
(membaca cerita alam.3)

Berbatang ramping, tumbuh menjulang ke langit,  rimbun berumpun dengan batang yang panjang serta daunnya seumpama rumput, gesekan daun bambu yg seirama dengan alur angin berhembus, sungguh suara alam yg sahdu.....,

Kerimbunannya hadirkan keindahan dan kesejukan bagi lingkungan sekitarnya.

Jika saja kita mau belajar pada sebuah rumpun bambu, kita dapat membaca berbagai cerita kearifan yg dipaparkan secara indah dan nyata dalam alur kehidupannya….

@Cerita tentang kesabaran….
Meski perubahan wujudnya terbilang lambat, namun sebetulnya bambu memiliki kekuatan pada akar, sebelum tumbuh tinggi, akar bambu lebih dulu menguatkan dirinya sendiri. Latar belakang bambu yang berasal dari keluarga rumput yang dikesankan sebagai tumbuhan lemah dan diremehkan tidaklah menghalanginya berekspresi. Meski tergolong dalam tanaman rumput, tapi bambu adalah rumput spektakuler. Kegunaan dan caranya bambu mengekspresikan diri menjadikan bambu sebagai rumput yang berbeda.

( Yah hidup bukan sesuatu yang instan tapi  berproses, sebagaimana pohon bambu.. untuk menjadi kuat dan tinggi..dibutuhkan akar atau fondasi yg kuat ..dan itu butuh waktu dan kesabaran !! )



@Makna Kekuatan dan keteguhan 
Pohon bambu mampu tumbuh kuat ditempat yang sulit, sesulit apapun keadaan, tak ada kata menyerah untuk terus tumbuh, akar bambu memiliki struktur yang unik karena terkait secara horizontal dan vertikal, sehingga dia tidak mudah patah dan mampu berdiri kokoh untuk menahan erosi dan tanah longsor di sekitarnya,

( Seperti perjalanan hidup seorang manusia, pastilah tidak lepas dari cobaan dan rintangan, bahkan konon, ada cerita setelah Hiroshima & Nagasaki dibom, bambu adalah pohon yang pertama kali tumbuh. Ini menunjukkan bahwa bambu pohon yang kuat yg bisa tumbuh di tempat yg sedemikian hancur, hal ini juga mengajarkan pada kita, tentang betapa pentingnya untuk selalu bangkit dari keterpurukan dan kehancuran. )



@Indah dan lenturnya tarian fleksibilitas

Ketika pohon bambu ditiup angin kencang, dia akan merunduk. Menari gemulai seumpama penari mengikuti irama angin, setelah angin berlalu, dia akan tegak kembali.

Dengan akar yang kuat dan batang yang lentur, bambu memiliki ketahanan yang tinggi dari terpaan angin. Saat angin kencang bertiup dan banjir melanda, bambu tetap bisa bertahan. Dia melambai gemulai mengikuti kecepatan angin. Akarnya yang kokoh tetap bertahan menahan gerusan banjir yang akan menghayutkannya.

Saat pohon-pohon lain bertumbangan, bambu tetap tegak berdiri dan berayun gemulai. Bambu memiliki fleksibilitas tinggi. jarang dijumpai bambu roboh diterjang badai.

Fleksibilitas atau kelenturan bambu mengajari kita agar dapat beradaptasi pada lingkungan yang ekstrim sekalipun. Saat arus masalah datang, kita perlu bersikap lentur, tidak menentang atau hanyut,  Penentangan yang keras akan berakibat robohnya kehidupan kita, dan sebaliknya hanyut dan lari dari masalah akan menghilangkan eksistensi diri. kita

Bersikap lentur, mungkin akan lebih baik, menyesuaikan dengan keadaan adalah pelajaran berharga dari bambu untuk terus bisa eksis dan bermanfaat. Saat orang lain bertumbangan dalam menghadapi masalah, maka manusia berkarakter bambu akan tetap eksis, menampilkan lambaian indah dan terus memberi manfaat….

( Keren dan cerdas,  tanpa melawan arus tapi  tidak juga terbawa arus.., just wait for the right moment .., sabar menunggu waktu yg tepat ..)

@Bermanfaat bagi lingkungan…

Bambu adalah tanaman rumput, tapi bambu dapat mengekspresikan diri sedemikain rupa sehingga mampu menghadirkan manfaat pada setiap bagian pohonnya juga keberadaannya  bagi kehidupan sekitarnya.

 

Akar pohon bambu :
Sistem perakaran serabut dengan akar rimpang yang kuat, memungkinkan tanaman bambu dapat menjaga sistem hidrologis sebagai pengikat tanah dan air, sehingga dapat digunakan sebagai tanaman konservasi.
Batang pohon bambu:
Batang bambu muda (rebung) bisa diolah menjadi  masakan khas dengan cita rasa tinggi dan cukup mahal , batang bambu yg tua dan kokoh bisa digunakan sebagai bahan bangunan dan biasa juga dijadikan sebagai bahan baku untuk kerajinan tangan.

Daun  Bambu :
Dalam  literartur-literatur pengobatan herbalis kita dapat membaca bahwa daun bambu bisa dijadikan obat untuk penyembuhan, daun bambu mampu menyembuhkan batuk, haus, dahak, radang tenggorokan, dan menghilangkan rasa panas.

Namun manfaat terbesar terletak pada fungsi pelestari lingkungan yang paling baik. Bisa kita buktikan bahwa setiap ada rumpun bambu di sana, sudah pasti ada sumber air. Bambu tumbuh baik ditepi sungai atau aliran air sekaligus pelindung tebing dan sisi sungai yang kokoh. Bambu mampu melindungi tanah dari benturan tetes air dan gerusan aliran permukaan saat hujan lebat dan banjir.

Yah…tidak ada satu bagianpun dari pohon bambu yang tidak mempunyai manfaat, lalu apakah yg tersisa bagi aku, kamu dan kita semua dari cerita kehidupan yg pohon bambu gambarkan ??

  • Bisakah kita seperti pohon bambu. sabar, kuat, kokoh namun lentur ??!!
  • Bisakah setiap perkataan yang keluar dari mulut kita tidak merupakan hal yang sia-sia, tapi perkataan yang selalu mempunyai nilai manfaat bagi orang yang mendengarnya,
  • Bisakah setiap perbuatan kita adalah hal yg berguna bagi lingkungan kita ??

Tentunya tidaklah perlu menjadi orang besar, cukuplah jadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungannya, walaupun mungkin hanya sebatas lingkungan kita sendiri saja, semoga saja kita bisa seperti pohon bambu, setiap detail cerita dan bagian pohonnya begitu bermakna dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya…semoga…amiin..

Hp@Pohon bambu_membaca cerita alam
Windows4wise_learn from around