Monday, September 5, 2016

@Line decor






Orange Line
(wall decorate / deco painting)

Dinding rumah ini awalnya berwarna kuning pucat dan terlihat kusam, aku ganti dengan warna putih supaya terlihat lebih bersih dan terkesan luas, untuk mempercantiknya, supaya lebih hidup aku tambahkan motif garis berwarna orange yg simple, hanya satu garis saja supaya terlihat tetap simple, minimalis, dan terkesan luas.


Mudah saja kok membuatnya, apalagi yang aku buat cuma satu garis  horizontal saja, siapapun pasti bisa, akupun membuat sendiri garis ini, yang penting adalah peralatan yang harus disiapkan, yaitu :

1. Cat warna orange, (atau warna lainnya, tapi yg harus diperhatikan adalah warna dasar sebaiknya lebih muda dari warna (orange) yang akan kita jadikan motif garis ini )
2. Masking tape (lakban kertas).
3. Pensil.
4. Penggaris meteran.
5. Kuas.



Cara membuat Motif Garis Pada Dinding :

1.Pastikan terlebih dulu dinding dimana garis yang akan dibuat dalam keadaan kering dan bersih, jika diperlukan berikan plamur jika terdapat lubang paku, lalu amlpas untuk meratakan/memperhalus permukaan

(kali ini aku hanya akan membuat satu motif garis horizontal orange, pada dinding yang sebelumnya  sudah di cat warna putih, yang permukaannya masih bagus, warna putih dinding ini menjadi warna dasar tanpa perlu dikoreksi lagi )


2. Ukur lebar dan tinggi garis yang akan diaplikasikan dan tentukan warna yang akan dipakai 

(lebar motif garis horizontal yang aku buat adalah 10cm, tingginya adalah 110cm dari permukaan lantai, gunakan meteran dan pinsil yg mudah dihapus untuk melakukan dan menandai pengukurannya)


3. Tutup dengan masking tape di atas tanda garis yang telah ditandai tersebut,
(penutupan dengan masking tape akan memudahkan proses pembuatan garis, dan menjaga agar cat yang akan diapliksikan pada garis tidak luber atau mengotori bagian dinding di luar garis yang akan dibuat)


4. Lalu lakukan pengecatan warna orange di dalam area garis yang sudah ditandai masking tape dengan kuas secara merata, 2x pengecatan hasilnya akan lebih bagus .

5. Tunggu sampai betul-betul kering, lalu lepaskan masking tape secara perlahan.

6. Selesai deh, taraa…hasilnya apat dilihat digambar di atas, orange line  menghias dinding ruangan bersama ornamen lain yang aku buat sebelumnya.




Btw, seperti yang kita tahu, dalam dunia design, untuk mempercantik atau mendekorasi dinding,  ada beberapa motif/ garis yang bisa diaplikasikan, sesuai dengan yang kita mau, antara lain :



Chevron

Garis chevron yang awalnya merupakan adaptasi dari pola grafis dari simbol segitiga yang berhubungan yang membentuk motif zig-zag. Motif garis zig-zag dapat menciptakan stimulan visual untuk memberikan efek "kedalaman" pada furnitur atau aksesori lain yang ada dalam ruangan.






Garis Horizontal

Motif garis ini mampu "memperbesar" ruangan sempit menjadi lebar, bisa diterapkan  pada backsplash dapur, kamar mandi atau kamar tidur, supaya terkesan lebih luas.




Garis Vertikal
Motif garis vertikal bisa membuat ruangan terasa lebih tinggi, karena garis vertikal mengarahkan alur perhatian ke arah bagian atas dinding dan langit-langit, hal inilah yang membuat langit-langit tampak lebih tinggi daripada yang sebenarnya.

Motif lainnya, seperti motif zebra dan kotak-kotak dapat juga diaplikasikan pada di dinding, kedua moif ini dapat memberikan efek yang dramatis pada ruangan



Nah terserah kita mau mengaplikasikan motif yang mana, pada dasarnya pengaplikasiannya sih seperti yang aku raikan di atas, semakin banyak garis atau motif yang kita buat, akan semakin butuh kesabaran dalam pengerjaannya, mudah dan menyenangkan kok jika kita melakukannya dengan suka hati,  selamat mencoba .., semoga bermanfaat


jmv@orangehouse
makeover-redecorate
wall decor





Mymural,
(just drawing on the wall )


Halaman belakang masih terlihat kosong, hanya  ada sedikit tanaman disini, untuk mengurangi kekosongan di area dinding kanan yang bersebelahan dengan pintu ke arah dapur aku coba tambahkan "Mural" sesukaku, pada dinding sepanjang 4 meter ini, bidang gambarku hanya( l)60 cm x (t)160 cm saja, sebagai aksen aku tambahkan line decor di sepanjang diding tsb, karena nantinya area ini akan aku hijaukan dengan aneka tanaman, jadi mural dan line decor hanya sebagai tambahan saja.


Tapi karena awalnya aku  hanya ingin  memanfaatkan cat tembok yg tersisa, drpd kering dan terbuang, jadinya ya hasil muralku cuma seadanya, catnya keburu abis,

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.





Mungkin beda juga dengan deco painting (art deco), yang lebih banyak menggunakan garis simetris  dan  bidang yg beraturan dlm pengaplikasiannya.

Tapi sekarang juga kita bisa mendekor dinding dengan menggunakan "wallpaper" sticker, tinggal pilih gambar yang kita mau, lalu menempelkannya sendiri  di tempat yg pas, jadi ddinding yg cantik .


jmv@orangehouse
makeover-redecorate
wall decor